18 Januari 2018

Belajar Sambil Bermain di Kebun Raya Bogor

Udah pernah main ke KRB alias Kebun Raya Bogor? Coba deh sekali-sekali berkunjung ke sana. Kebun Raya yang bisa dijangkau dengan commuter line dari Jakarta ini bisa jadi tempat piknik, family gathering, atau sekadar refreshing melepas penat juga boleh. Tapi yang ga kalah menarik itu adalah koleksi tumbuhan di sana yang bisa kita pelajari.

Di Kebun Raya ini ada sekitar 3500 jenis tumbuhan yang menjadi koleksi selama ratusan tahun. Mulai dari tumbuhan gymnospermae hingga tumbuhan angiospermae, dari yang langka sampai yang sering ditemui juga ada. Penasaran tumbuhan apa aja yang ada di sana? Check this out!

Ngomong-ngomong soal gymnospermae alias tumbuhan berbiji terbuka, ternyata di Indonesia terutama di Kebun Raya Bogor ini memang hanya ada beberapa jenis saja. Jadi gampang hapalinnya hahaha :D Dipandu oleh Pak Iteng, saya bersama dosen dan teman-teman sekelas keliling melihat kebun. Tumbuhan di KRB umurnya rata-rata hampir 100 tahun. Tumbuhan tertua adalah pakis naga yaitu 109 tahun. Wah tua juga ya ternyata. Emang kata beliau tumbuhan ini adalah makanan para dinosaurus. Hmm.

Pak Iteng
Dari familinya, tumbuhan gymnospermae di KRB ini beberapa jenis, antara lain Pinaceae, Gnetaceae, Zamiaceae, Araucariaceae, dan Podocarpaceae.

1.      1. Pinaceae
Salah satu contoh dari Pinaceae adalah tumbuhan yang sering kita pake buat latar belakang foto buku tahunan wkwkw :P Yup, pinus! Tumbuhan yang punya nama latin Pinus merkusii ini termasuk gymnospermae yang berumah dua. Penyerbukannya berarti harus dilakukan oleh bantuan polinator. Tapi sayangnya, ketika si polen (serbuk sari) udah mateng dan mau kawin, eh si betinanya belum siap (dormansi). Jadilah dia harus nunggu si betina dulu.

2.      2. Gnetaceae
Gnetum gnemon alias melinjo adalah salah satu contoh dari famili Gnetaceae.

Bunga Betina
Bunga Jantan




3.      3. Zamiaceae
Contoh dari famili ini ialah Encephalartos hildebrandlii A.Br.Bouche yang berasal dari Afrika Tropis. Ini yang tadi disebut-sebut sebagai pakis naga.



4.      4. Araucariaceae
Selanjutnya ada Araucaria cunninghamii yang berasal dari tanah Papua.

5.      5. Podocarpaceae
Podocarpus rumphii yang berasal dari Jawa merupakan salah satu tumbuhan berfamili Podocarpaceae. Meskipun nama spesiesnya mirip dengan Cycas rumphii namun tumbuhan ini berbeda.




Setelah puas berkeliling, kami menuju Seed Bank (Bank Biji) untuk belajar tentang biji dari tanaman hutan yang ada di sini . Bank biji merupakan suatu wadah yang mengoleksi tumbuhan hidup berupa biji/benih. Dengan adanya pengumpulan biji di sini diharapkan biji tersebut bisa tumbuh walaupun disimpan selama 200 tahun. Di bank biji kami ditemani oleh Pak Harto yang memberi banyak ilmu tentang perbedaan organ reproduksi betina dan jantan pada tumbuhan gymnospermae dan angiospermae. Beliau juga menunjukkan perbedaan dari biji dan buahnya. Biji yang terbentuk pada tumbuhan gymnospermae pasti akan berkembang besar meskipun penyerbukannya gagal dan akhirnya tidak ada bijinya.  Selain itu yang menarik adalah memang ada biji dan buah bersayap. Jadi biji atau buah tersebut punya alat dispersal berupa “sayap” untuk penyebarannya. Ya pastilah pindahnya terbang, ga mungkin jalan -_-




Setelah selesai belajar, kami berpamitan dan pulang kembali ke rumah masing-masing.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar